PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNANETRA MELALUI METODE JARIMATIKA DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Ambar Dian Trisnowati, Ambar Dian Trisnowati (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNANETRA MELALUI METODE JARIMATIKA DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
051032410291.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak tunanetra kelas D V SLB A Yaketunis Yogyakarta melalui penggunaan metode jarimatika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ”Classroom Action Researc”) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua anak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode wawancara, metode pengamatan/observasi. Peneliti mengembangkan instrumen penelitian berdasarkan content validity atau validitas isi dan untuk mencapainya peneliti menggunakan expert judgment atau meminta penilaian pakar, yaitu guru bidang studi matematika kelas D V SLB A Yaketunis Yogyakarta dan dosen pembimbing I. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung anak tunanetra kelas D V SLB A Yaketunis Yogyakarta melalui pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika pada subjek Yusron peningkatan sebesar 10% pada siklus pertama dan 27% pada siklus kedua. Peningkatan subjek Rifyo sebesar 11% pada siklus pertama dan 23% pada siklus kedua. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan berhitung antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan yaitu subjek dapat mengurutkan bilangan asli 1-99, mampu memahami konsep penjumlahan dan mampu berhitung penjumlahan bilangan asli 1-99, mampu memahami konsep pengurangan dan berhitung pengurangan bilangan asli 1-99, mampu memahami konsep berhitung campuran dan berhitung campuran bilangan asli 1-99. Faktor yang mendukung proses pembelajaran adalah pengaturan alokasi waktu dan penguatan positif pada siswa yang berupa pujian dan reward. Faktor penghambat proses pembelajaran adalah subjek kurang teliti dan tergesa-gesa saat menuliskan jawaban soal, sehingga jawaban salah karena tidak terbaca serta perhatian mudah beralih, sehingga kemampuan untuk memahami materi pembelajaran kurang maksimal. Kata kunci : metode jarimatika, kemampuan berhitung, anak tunanetra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 07:50
Last Modified: 29 Jan 2019 13:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item